Cell
Sakit kepala adalah salah satu gangguan medis yang paling umum dikeluhkan pasien. Sakit kepala didefinisikan sebagai rasa sakit di wilayah kepala, yang meliputi kulit, otot, pembuluh darah, sinus, struktur gigi, dan saraf kranial.

Ada dua jenis sakit kepala. Sakit kepala primer yang disebabkan disfungsi bagian tertentu sehingga menyebabkan nyeri di kepala. Sedangkan sakit kepala sekunder biasa disebabkan penyakit.

Simak lima jenis sakit kepala yang dipaparkan Mayo Clinic, seperti dikutip dari laman Live Strong, berikut ini.

Vaskular

Sakit kepala ini terjadi sebagai akibat rasa sakit yang dihasilkan oleh pelebaran pembuluh darah di kepala. Jenis paling umum adalah migrain, yang diidap sekitar 28 juta orang di Amerika Serikat.

Migrain terjadi berulang-ulang antara empat hingga 27 jam. Rasa sakitnya bervariasi mulai tingkat moderat sampai parah dengan kedua sisi atau satu sisi kepala berdenyut. Gejala migrain yang lain adalah aura visual atau sensori, mual, muntah dan peka terhadap cahaya, dan atau suara. Migrain lebih banyak menyerang wanita daripada pria.

Cluster

Cluster adalah jenis lain dari sakit kepala vaskular. Sakit kepala ini lebih banyak terjadi pada pria dibanding wanita dengan rasio 6:1. Sakit kepala cluster biasanya menyebabkan sakit yang sangat menyiksa antara 15 sampai 180 menit di area belakang mata atau puncak kepala. Sakit kepala cluster biasanya kambuh pada waktu tertentu, seperti sebelum tidur.

Myogenic

Myogenic sakit kepala yang disebabkan ketegangan otot leher, bahu, kulit kepala atau rahang. Jenis sakit kepala ini sering dipicu oleh stres, kecemasan atau depresi. Sakit kepala jenis ini ditandai dengan nyeri ringan sampai sedang, dan sering disertai hilangnya nafsu makan.

Inflamasi

Sakit kepala adalah sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh penyakit atau gangguan peradangan di kepala. Jenis sakit kepala inflamasi yang paling umum adalah sakit kepala akibat peradangan sinus disertai alergi. Penyebab lain sakit kepala inflamasi adalah meningitis, yaitu radang selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Traksi

Sakit kepala traksi disebabkan oleh massa atau lesi yang menekan struktur dan pembuluh darah di kepala. Kondisi ini diakibatkan tumor metastatik, abses atau hematoma, pembengkakan yang dipenuhi darah. Jenis sakit kepala ini sering makin parah di pagi hari, saat batuk, buang air kecil atau tegang
Label: edit post
0 Responses
INFORMASI BISNIS BAGI ANDA!